• Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit
    Vol 16 No 1 (2017)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit kembali terbit dengan Vol. 16, No.1, 2017. Pada kesempatan ini menyajikan lima judul tulisan ilmiah. Tulisan pertama, berupa paper-review, berjudul Keratinnase – Part of Protease Useful For Tanning Industry oleh R.L.M.S. Ari Wibowo dkk. Cahya Widiyati dan Herry Purnomo melakukan Kajian tentang Teknologi Iridiasi berkas Elektron Pada Limbah Cair Pra Penyamakan Kulit Menjadi Pupuk Organik Cair. Kemudian Suharyanto menulis tentang Pembuatan lem dari kompon karet alam untuk perekatan bahan kulit atasan sepatu dengan kulit atasan sepatu dan bahan karet. Pada tulisan keempat, Risang Pujianto menyajikan Optimalisasi Kabijakan pembangunan Tenaga Kerja Industri Kulit Melalui Pendidikan Vokasi Industri. Tulisan terakhir ditulis oleh Entin Darmawati, Sudarmaji, dan Umar Santoso tentang Kajian Pewarna Secang Limbah cair Pewarnaan Kulit Tersamak Terhadap Uji Toksisitas Akut Benih Ikan Mas (Cyprinus carpio L).

    Redaksi berharap Majalah Berkala ini tetap berkelanjutan dan memiliki peran dalam kemajuan industri Kulit, Sepatu dan Produk Kulit.

  • Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit
    Vol 13 No 2 (2014)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit kembali terbit dengan Vol. 13, No.2, 2014. Pada kesempatan ini menyajikan lima judul tulisan ilmiah. Tulisan pertama oleh Titik Anggraini berjudul Penyamakan Atasan Sepatu (Upper Shoes) Tni Ad Dari Kulit Kerbau (Bubalus Bubalis) Sebagai Alternatif Pengganti Bahan Baku  Kulit Sapi. Tulisan kedua dibuat Dedes Amertaningtyas dengan judul Pengaruh Berbagai  Konsentrasi  Larutan  Kapur Dalam Liming Pada Gelatin  Kulit  Kambing Peranakan Etawa (PE). Tulisan ketiga oleh M.W. Syabani, Indri Hermiyati, R.L.M.S. Ari Wibowo berjudul Pengaruh Penambahan Phenol Formaldehid Termodifikasi Natrium Silikat Terhadap Lem Sepatu Berbasis Karet. Tulisan keempat oleh Wawan Budi Setyawan dengan judul Rekayasa Alat Pres Steel Shank Sepatu Dengan Penggerak Sistem Ulir Pada Proses Pembuatan Sepatu Untuk Industri Kecil. Tulisan kelima oleh Tugimin berjudul Analisis Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Kulit Exis Collection Yogyakarta.

    Redaksi berharap Majalah Berkala ini tetap berkelanjutan dan memiliki peran dalam kemajuan industri Kulit, Sepatu dan Produk Kulit.

  • Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit
    Vol 15 No 1 (2016)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu dan Produk Kulit kembali terbit dengan Vol. 15, No. 1 Januari 2016. Pada kesempatan ini menyajikan enam judul tulisan. Tulisan pertama oleh Dwi Wulandari mengangkat permasalahan Bagaimana karakteristik edible film dari gelatin kulit sapi split dengan gliserol sebagai plasticizer. Selanjutnya tulisan kedua oleh Entin Darmawati dengan Judul Pengaruh Bahan Fiksasi Terhadap Intensitas Warna Dan Ketahanan Luntur Pewarnaan Kulit Crust Ikan Pari Dengan Pewarna Secang (Caesalpinia sappan L). Hasil yang diperoleh adalah semakin tinggi konsentrasi bahan fiksasi, maka ketahanan luntur warnanya semakin baik.

    RLM. Satrio Ari Wibowo dan Emiliana Anggriyani menyajikan tulisan tentang Pengaruh Pengawetan Garam KCl Pada Kualitas Kulit Ikan Buntal (Arothon reticularis). Dan hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa pengawetan kulit ikan buntal dapat dilakukan baik dengan garam jenuh maupun garam tabur KCl. Pada kesempatan ini Elis Nurbalia menyajikan tulisannya tentang pengaruh konsentrasi Na2S dalam proses pengapuran (liming/scaling) terhadap kekuatan tarik dan kemuluran kulit krast ular air (Hemalopsis buccata).

    Tulisan kelima disajikan oleh Sri Sumarni yang mengangkat topik tentang penggunaan binder gelatine buatan dari kulit ikan ayam-ayam, sebagai pengganti binder patent untuk finishing pada kulit crust cakar ayam tersamak terhadap ketahanan gosok cat. Dari hasil penelitian bahwa menggunakan binder patent dengan binder buatan pada uji ketahanan gosok cat kain basah dan ketahanan gosok cat kain kering menunjukkan ada perbedaan. Tulisan terakhir oleh Wawan Budi Setyawan tentang kajian mengenai perbedaan kuantitas dan kualitas hasil jahitan upper sepatu antara mesin jahit manual dengan mesin jahit high speed serta mengetahui seberapa besar perbedaan penggunaan mesin jahit manual dengan mesin jahit high speed.

    Redaksi menyampaikan terima kasih kepada para Penulis yang telah memasukkan naskah hasil penelitian di Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu dan Produk Kulit Politeknik ATK Yogyakarta. Semoga Majalah Berkala ini tetap berkelanjutan dengan lebih banyak berperannya para tenaga fungsional Dosen dan Industriawan yang tetap ingin memajukan dunia perkulitan di Indonesia.

  • Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit
    Vol 14 No 1 (2015)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit kembali terbit dengan Vol. 14, No.1, 2015. Pada kesempatan ini menyajikan lima judul tulisan ilmiah. Tulisan pertama oleh M.W.  Syabani berjudul Prediksi Chromium Release Dari  Batako   Limbah Buffing Peny Amakan   Kulit Dengan   Simulasi   Monte Carlo. Tulisan kedua dibuat Dwi Wulandari dengan judul Penggunaan Jenis Curing Dan Suhu Ekstraksi Terhadap Karakteristik Gelatin Kulit Sapi Split. Tulisan ketiga oleh RLM.  Satrio Ari Wibowo dan M. Wahyu Syabani berjudul Identifikasi Kulitikan Buntal(Arothon Reticularis) Menggunakan Scanning  Electron Microscope (SEM). Tulisan keempat oleh lndri  Hermiyati, Sri Sumarni, Titik Anggraeni dengan judul Pemanfaatan Limbah  Kulit  Ikan Ayam-Ayam (Abalistes Stellaris) Untuk Bahan Baku Produk  Kulit. Tulisan kelima oleh Anwar  Hidayat, Galuh  Puspitasari berjudul Desain Pelengkap Busana Backpacker Dengan Konsep Koboi.

    Redaksi berharap Majalah Berkala ini tetap berkelanjutan dan memiliki peran dalam kemajuan industri Kulit, Sepatu dan Produk Kulit.

  • Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit
    Vol 16 No 2 (2017)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit kembali terbit dengan Vol. 16, No.2, 2017. Pada kesempatan ini menyajikan enam judul tulisan ilmiah. Tulisan pertama, berjudul Pengaruh Suhu dan Tekanan Injeksi Terhadhort Shot Produk Polikarbonat pada Mesin Injection Molding oleh Ega Holiyan, M. Wahyu Syabani, dan R.B.S.Wulung. Chasbiyatur Rozalia, R.B.S Wulung dan Yuli Suwarno menyajikan Pengendalian Bahan Baku Kulit Wet Blue Sapi untuk Produksi Kulit Upper di PT Karunia Catur Perkasa Malang. Kemudian Vivi Windasari, Diana R.A, dan Cahya Widiyati menulis tentang Pengaruh Mutu Proses Stockfit Terhadap Hasil Uji Bonding Bottom Sepatu Running dengan Metode Cementing di Perusahaan Sepatu Olah Raga Karawang-Jawa Barat. Karya ilmiah yang keempat pada edisi ini disajikan oleh Muhammad Raka Mahendra, Suharyanto dan Diana R.A. berjudul Pengaruh Setting Suhu dan Waktu Pada Mesin Injection Molding Tipe Hongjia terhadap Output Outsole Sepatu Fashion artikel Chancay di Perusahaan Sepatu Fashion di Pasuruhan. Kemudian, Prita Agustin, Himawan H.S dan Diana R.A. menulis Usulan Penerapan metode Six Sigma dengan Konsep DMAIC Untuk Peningkatan Kualitas Outsole Sepatu Sport Capsule Merek Geoff pada Perusahaan Outsole di Tangerang. Tulisan terakhir ditulis oleh Entin Darmawati, Sudarmaji, dan Umar Santosotentang Penerapan Pewarna Indigo dari Daun Indigofera L Pada Kulit Crust Suede Domba dengan Teknik Ikat Motif Jumputan.

    Redaksi berharap Majalah Berkala ini tetap berkelanjutan dan memiliki peran dalam kemajuan industri Kulit, Sepatu dan Produk Kulit.

  • Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit
    Vol 12 No 1 (2013)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit kembali terbit dengan Vol. 12, No.1, 2013. Penulis jurnal pertama adalah Ibnu Banuhali dan Rofiatun Nafiah dengan judul Ornamen dan Perkembangannya Pada Pembuatan Seni Kerajinan Tatah Sungging Kulit Di Wukirsari, Bantul, Yogyakarta. Penulis kedua Aris Budianto dengan judul Alat Tepat Guna Untuk Pembuatan Logo Pada Proses Pembuatan Sepatu Untuk Industri Kecil. Jurnal ketiga dengan judul Pemanfaatan Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L) Sebagai Biokoagulan Limbah Liming ditulis oleh Rohmatun Wahyuni, Khurriyatul Khasanah, Joko Samiyo, serta  RLMS Ari Wibowo. Tulisan keempat dengan judul Pemanfaatan  Web ATK Sebagai Sarana Promosi Penerimaan Mahasiswa Baru oleh Jamila  dan Soekamto. Dan terakhir tulisan kelima oleh Soekamto dengan judul tulisan Pengaruh Kepemimpinan Dan Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Akademi Teknologi Kulit Yogyakarta.

    Redaksi berharap Majalah Berkala ini tetap berkelanjutan dan memiliki peran dalam kemajuan industri Kulit, Sepatu dan Produk Kulit.

  • BERKALA PENELITIAN TEKNOLOGI KULIT, SEPATU DAN PRODUK KULIT
    Vol 19 No 1 (2020)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu dan Produk Kulit diterbitkan oleh Politeknik ATK Yogyakarta sebagai media penuangan dan Pembahasan Karya Ilmiah dalam bidang Ilmu Perkulitan dan Barang Kulit, terbit dua kali setahun.

  • Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit
    Vol 15 No 2 (2016)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit kembali terbit dengan Vol. 15, No.2, 2016. Pada kesempatan ini menyajikan lima judul tulisan ilmiah. Tulisan pertama, M.Wahyu Syabani, Warmiati dan Kutut Aji Prayitno melakukan studi kinetika curing dari resin phenol formaldehid dengan modifier sodium metasilikat. Kemudian Himawan Hendro Santopo menulis tentang Araang aktif kayu waru (Hisbiscus tiliaceus) sebagai bahan pengisi kompon sol luar sepatu causal. Pada tulisan ketiga, Suharyanto mengusulkan teknik perekatan bahan kulit atasan sepatu bahan karet dengan metode spray. Sigit Susanto menyajikan model optimisasi persediaan economic production quantity (EPQ) multi item dengan kendala investasi dan kapastas penyimpanan pada gudang produk akhir pada tulisan keempat. Tulisan terakhir oleh Nunik Purwaningsih dan Jamila tentang analisis tekstur kulit sapi berdasarkan ekstraksi ciri citra.

    Redaksi berharap Majalah Berkala ini tetap berkelanjutan dan memiliki peran dalam kemajuan industri Kulit, Sepatu dan Produk Kulit.

  • Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit
    Vol 13 No 1 (2014)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit kembali terbit dengan Vol. 13, No.1, 2014. Pada kesempatan ini menyajikan lima judul tulisan ilmiah. Tulisan pertama oleh Entin Darmawati, Sutopo, Nuraini Indrati berjudul Pemanfaatan  Affal  Kulit Perkamen  Sebagai Bahan Baku Cinderamata Dan Mengurangi Dampak Pencemaran Lingkungan. Tulisan kedua dibuat Herry Suseno, Sri Sumarni, M.W. Syabani dengan judul Pembuatan Fatliquor Dari Campuran Minyak Sawit Dan Kedelai. Tulisan ketiga oleh Suharyanto berjudul Studi Pembuatan Lem Sederhana Dari Bahan Karet Krep Dan Pelarut Methyl Etyl Ketone. Tulisan keempat oleh Aris Budianto dengan judul Pengaturan Kecepatan Putar Motor Listrik Pada Mesin Jahit Kulit Tipe Flat Bed Menggunakan Rangkaian Triac Dan Diac. Tulisan kelima oleh Yus Maryo berjudul Ikan Seribu Nama Dalam Kriya Kulit.

    Redaksi berharap Majalah Berkala ini tetap berkelanjutan dan memiliki peran dalam kemajuan industri Kulit, Sepatu dan Produk Kulit.

  • Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit
    Vol 14 No 2 (2015)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit kembali terbit dengan Vol. 14, No.2, 2015. Pada kesempatan ini menyajikan enam judul tulisan ilmiah. Tulisan pertama, Prasetyo Hermawan dan Titik Anggaraini, melakukan penelitian Penggunaan Nahso3 Dan H2o2 Untuk Mengurangi Konsentrasi Formaldehid Pada Limbah Cair Penyamakan Formaldehid Kulit Golf Snow White. Kemudian Anwar Hidayat menulis penelitian tentang Pengaruh Kekuasaan Keraton Yogyakarta Pada Sentra Kerajinan Tatah Sungging Kulit Pucung Yogyakarta. Wawan Budi Setyawan melakukan penelitian Pengaruh Perubahan Tinggi Hak Terhadap Volume Kaki Di Hitung Dari Shoe Last. Yuli Suwarno  dan Jamila melakukan penelitian mengenai Pengendalian Kualitas Proses Produksi Sepatu Dengan Peta Kendali P Multivariat. Nurwantoro  dan  Wawan Budi Setyawan melakukan penelitian tentang Analisis Swot Untuk Menentukan Strategi Kompetitif Pada Hadi Sukirno Leather Work & Handicraft. Tulisan terakhir oleh Anwar Hidayat dan Bayu Aji Suseno tentang Peran Atribut Safety Riding (Jaket Kulit, Sarung Tangan, Dan Sepatu) Pada Pengendara Motor Tong Setan Di Pertunjukan Sekaten Yogyakarta.

    Redaksi berharap Majalah Berkala ini tetap berkelanjutan dan memiliki peran dalam kemajuan industri Kulit, Sepatu dan Produk Kulit.

     

  • Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit
    Vol 12 No 2 (2013)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu, dan Produk Kulit kembali terbit dengan Vol. 12, No.2, 2013. Pada kesempatan ini menyajikan enam judul tulisan ilmiah. Tulisan pertama oleh Sri Sumarni berjudul Pengaruh Penggunaan Binder Gelatine Untuk Finishing Kulit  Cakar Ayam Terhadap Ketahanan Gosok Cat Tutup. Tulisan kedua dibuat Resty Arestya, Herry Suseno dan RLM. Satrio Ari Wibowo dengan judul Pembuatan Pupuk Organik dari Limbah Padat Penyamakan Kulit di CV. Cisarua Cianjur Jawa Barat. Tulisan ketiga oleh Cahya Widiyati berjudul Pemanfaatan Zeolit Untuk Penurunan Cod Dan Bod Limbah Pengolahan Kulit. Tulisan keempat oleh Widia Susanti dan RLM. Satrio Ari Wibowo dengan judul Pemanfaatan Minyak Sisa Limbah Penggorengan Krecek Menjadi Sabun Dan Lilin di IKM Panji Jaya Segoroyoso Bantul Yogyakarta. Tulisan kelima oleh Rofiatun Nafiah berjudul Needs Assessment Dalam Rangka Program Pemberdayaan Umkm Kulit Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tulisan keenam berjudul Analisis Tema/Judul Tugas Akhir Mahasiswa Program Studi Teknologi Pengolahan Kulit Di Akademi Teknologi Kulit oleh Elis Nurbalia.

    Redaksi berharap Majalah Berkala ini tetap berkelanjutan dan memiliki peran dalam kemajuan industri Kulit, Sepatu dan Produk Kulit.

  • BERKALA PENELITIAN TEKNOLOGI KULIT, SEPATU DAN PRODUK KULIT
    Vol 19 No 2 (2020)

    Majalah Berkala Penelitian Teknologi Kulit, Sepatu dan Produk Kulit diterbitkan oleh Politeknik ATK Yogyakarta sebagai media penuangan dan Pembahasan Karya Ilmiah dalam bidang Ilmu Perkulitan dan Barang Kulit, terbit dua kali setahun.